Jingle IklanBeat a Share Beatabit - Three Jingle Competition 

TIPS AND TRICK CARA MEMBUAT MUSIK JINGLE IKLAN

Rekan rekan muda yang selalu haus dalam bereksplorasi dan berkarya, dalam tulisan ini mencoba untuk sharing tentang tips and trick cara membuat musik Jingle Iklan.

Musik Jingle Iklan saat ini masih menjadi alat pembantu promosi yang efektof dalam menyampaikan pesan dari suatu produk kepada konsumen dengan cara yang fun dan dapat dinikmati sambil tentu saja memberikan informasi mengenai kehebatan dan kegunaan suatu produk.

Seperti yang dilansir dari Blog Artsonica http://blog.Artsonica.com, proses pembuatan musik Jingle iklan secara sederhana melalui beberapa tahapan dalam pencetusan idea nya, yaitu :

Brainstorming Isi Jingle Iklan

Lakukan komunikasi dengan klien/ produsen product dan meminta data tentang perusahaan / produknya. Hal ini dmaksudkan untuk memahami product yang akan dibuatkan jingle iklannya sehingga nantinya pesan yang akan disampaikan bisa efektof dan kena sasaran. Bisa juga dengan menggali melalui sarana informasi umum, seperti melalui Google, dengan catatan pastikan sumber informasinya valid dan resmi.

Lalu langkah berikutnya adalah lebih kearah kecocokan atau keinginan untuk jenis musik tertentu yang kadang ada produsen yang punya cita rasa pada music tertentu yang menurutnya sesuai dengan segmentasi product yang ditawarkan. Apabila keputusan pemilihan musik diserahkan pada pembuat jingle, maka cara paling sederhana memilih jenis musik adalah dengan mempelajari populasi terbanyak dari konsumen darin product tersebut atau target market nya.

Langkah selanjutmya membuat dan memikirkan lirik apa yang cocok dengan menyaring informasi yg diberikan klien atau yang kita dapat.

Perlu diperhatikan bahwa durasi jingle kadang sangat singkat, hanya 1 atau 2 menit bahkan 30 detik, sehingga pemilihan setiap kata untuk lirik lagu sangatlah penting disini.

Lirik & Lagu JIngle Iklan

Selanjutnya proses pembuatan lirik & lagu  jingle iklan. Perhatikan beberapa langkah penting sebagai berikut :

  1. Company profile
  2. Segmentasi dari product yang ditawarkan
  3. Tidak ada salahnya untuk mencoba product yang akan dibuatkan Iklan. Semisal productnya adalah SIM Card GSM. Coba rasakan pengalaman dalam memakai product tersebut, ini akan membantu memunculkan idea yang akan dituangkan dalam bentuk lagu
  4. Durasi Jingle berapa lama
  5. Perlukah kita membuat tagline atau slogan sendiri atau slogan baru. Untuk hal ini akan lebih disarankan untuk mengikuti tagline yang sudah ada
  6. Finalisasi lirik dan lagu untuk Jingle Iklan
  7. Proses Produksi
  8. Review atas kualitas dan hasil teknis Jingle iklan
  9. Lakukan test kecil kecilan kepada orang terdekat atau teman, saudara, atau mungkin orang yang baru anda kenal. Coba lihat reaksi dari mereka pada saat mendengarkan Draft Jingle Iklan buatan anda.

Review and Soft Launch

Dalam proses review atas hasil karya yang telah dibuat hal yang perlu diperhatikan adalah  lirik yang menggambarkan produk klien secara menyeluruh tanpa menggunakan kalimat yang terlalu rumit dan panjang. Check kembali apakah Lirik sudah sesuai dengan pangsa pasar dari product yang akan ditawarkan. Pilihlah music yang sesuai dengan pangsa pasar product. Dan lakukan point test kepada lingkungan sekitar anda apakah Jingle ini sudah tepat sasaran atau perlu ada perbaikan.

Demikian share mengenai Tips and Trick pembuatan Musik Jingle Iklan. Selamat mencoba dan berkarya J

 

Sumber : http ://blog.artsonica.com

(Beatabit/reporter/2017)

Share This:

Related posts

Tinggalkan Balasan