Street HRBeat a Featured Beat a Share Street HR 

STREET HR : THE MOVEMENT

Chapter 2 : Knowing your battle ground

(Street HR) Penulis pada saat akan membuat tema untuk Chapter 2 ini teringat kepada Film perang terhebat sepanjang masa (menurut versi penulis) yaitu Film Saving Private Ryan. Ketika dalam klimaks film ini pasukan sang tokoh akan berhadapan  dengan musuh yang lebih banyak baik dari sisi jumlah maupun persenjataan, maka yang dilakukan adalah menghitung jumlah tentara yang dimiliki, jumlah peluru, dan yang terpenting juga, memahami dengan sangat arena dan lingkungan tempat pertempuran.

Dilakukan analisa bagaimana cara memancing musuh untuk dapat masuk ke perangkap yg telah disiapkan, bagaimana antisipasi bila musuh tidak terpancing, bagaimana mengutilisasi secara maksimal setiap jalan, gedung, apapun itu yang bisa bermanfaat dalam memenangkan pertempuran. Dan hal tersebut ternyata sangat berguna pada saat pertempuran terjadi, walau kadang tetap ada saja kesalahperhitungan dalam perjalanannya. No body Perfect, tapi yah..itulah hidup.

Street HR
Writer | Street HR

Know your enemy

Mengapa penulis menganggap perlu Share mengenai bagaimana kita perlu memahami arena pertempuran kita? Karena dalam pengalaman yang dilalui penulis, ketika kita berada dalam suatu lingkungan pekerjaan maupun organisasi, maka rasa percaya diri kita akan timbul bila kita memahami betul situasi yang kita hadapi. Ketika kita mengetahui batas kemampuan anak buah kita, ketika kita mengerti karakter dari pimpinan kita, ketika kita tahu end to end process dari pekerjaan yang kita geluti, maka pada saat kita mulai berkontribusi dalam perusahaan, maka modal awal untuk keberhasilan sudah kita miliki. Rasa percaya diri akan menumbuhkan keinginan kita untuk merambah Idea lebih jauh lagi. Rasa percaya diri akan membuat kita siap menjawab segala pertanyaan dari Boss maupun kolega kerja, bahkan bawahan kita. Dan itu akan menjadikan kita sebagai Center of Supreme power dalam organisasi. Tinggal keberuntungan saja yang akan memuluskan jalan kita dalam berkarir.

Penulis kerap kali menemukan beberapa pimpinan yang tidak menganggap Knowing the battle Ground itu penting. Kadang ada anggapan bahwa Big Power lebih penting, dan lingkungan akan mengikuti kita apabila kita punya kekuasaan besar. Anggapan tersebut tidak salah, hanya apabila pandangan tersebut terus dipakai sebagai acuan utama, maka suatu saat orang yang memahami arena pertempuran akan tampil dan membuat “big Power” yang diagung angungkan akan tidak bermakna sama sekali. Karena dalam organisasi modern dan anak anak muda yang berpotensi ada didalamnya, maka rasa percaya terhadap sosok pimpinan yang memahami situasi akan lebih didengar ketimbang pimpinan yg memiliki kekuasaan saja. Dan para bawahan yang penuh gairah mengexplorasi ide dan berkontribusi di perusahaan akan mempunyai pilihan untuk cenderung nyaman di bawah arahan boss yang berkualitas dibanding boss yang hanya memiliki kekuasaan saja. Dan Knowing your battle ground juga sekalgus sebagai cara untuk mengelola anak buah dengan efektif, karena mereka adalah bagian terpenting dari battle ground anda, seperti halnya tokoh kapten pasukan yang diperankan oleh Tom Hanks dalam Film Saving Private Ryan.

Kemenangan adalah penting, tapi proses untuk menuju kemenangan jauh lebih penting, karena pada saat kita belum menang, maka kita bisa belajar banyak dari proses yg telah kita jalani dan niscaya dalam pertempuran berikutnya kita sudah siap menang

Street Human Resources : Chapter 1

(Penulis adalah seorang “Game Changer Activist” dalam Organisasi Perusahaan)
(Beatabit/Street HR/Chapter 2)

Share This:

Related posts

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: