musik metalBeat a Music 

Musik Metal Itu Anti-Label Mainstream

Musik sudah mempunyai banyak penggemar di hati masyarakat dengan ragam jenis atau genre musik. Diantaranya aliran musik seni yaitu musik klasik, aliran musik popular yaitu musik jazz, blues, rhythm and blues, pop, musik metal, dan lain lain serta aliran musik tradisional yaitu musik latin, country dan dangdut.

Namun, yang akan dibahas disini adalah mengenai musik metal. Mengapa musik metal? Karena jenis musik ini masih dianggap sebagai provokator bagi sebagian orang karena lirik dan musiknya yang keras dan berisik. Oleh karena itu, hal tersebut menjadi hal yang unik untuk dibahas.

Syahid Syawahidul Haq, selaku penggemar jenis musik metal mengutarakan sikap pro terhadap jenis musik ini. Menurutnya, musik metal selalu membawa daya tarik yang sangat khas untuk dirinya pribadi. Pasalnya, musik ini biasanya bernaung dalam ranah indie yang artinya anti-label mainstream. “Maksudnya musik-musik mereka pastinya memiliki ciri yang khas dengan lagunya secara lirikal bebas dan musikalitasnya pun tak kalah baik dari aliran musik lain yang berada di jalur mainstream atau modern,” katanya menjelaskan, saat ditemui oleh reporter beatabit.com.

musik metal

Ia juga menambahkan bahwa musik metal ini pasti indie dan mereka berdiri sendiri. Hal itu disebabkan jenis musiknya terbilang mandiri, lagu-lagunya pun memiliki kecenderungan bicara ke arah permasalahan politik, sosial, ekonomi dan seterusnya.

Lagu-lagu yang dialiri musik metal seperti Burgerkill atau Seringai membuat penggemar,

utamanya Syahid sangat merasakan emosi yang semangat. “Lagu Age of Versus-nya saya suka karena bicara soal peperangan yang harus segera diakhiri”. Ia melanjutkan, “atau Seringai, yang lagunya Bermain Tuhan. Mereka membawa rasa semangat untuk jangan pernah main hakim sendiri, apalagi main hakim dengan mengatasnamakan agama. Ya relevan sih dengan zaman sekarang.”

Sama halnya dengan jenis musik lainnya, musik metal pun didengar dengan perasaan bukan karena asal “keren” dengan musikalitasnya yang keras. Selain itu, jenis musiknya pun membuat para pendengar lebih semangat khususnya sebagai penggemar jenis ini karena iramanya yang cenderung lebih cepat.

Manfaat yang dirasakan pada musik ini pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis musik lainnya, hanya saja musik berjenis metal ini dominan merasakan adanya emosi yang semangat dibanding lagu lainnya karena dari iramanya pun agak berbeda. Selain itu, jenis musik ini seragam dengan jenis lainnya, yakni bisa didengar oleh semua kalangan dan tentunya bisa didengar saat emosi yang bahagia maupun marah.

musik metal

Bagaimana, nih pandangan kamu terhadap musik metal? Apakah yang belum menjadi penggemarnya berniat menjadi penggemar jenis musik ini? Nggak ada salahnya kok untuk menyukai semua jenis musik karena semua jenis tersebut adalah hasil karya seseorang yang kreatif yang patut kita hargai dan bukan didiskriminasi, lho!

(beatamusic/musik metal/Prita)

Share This:

Related posts

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: