Be Multi, Stay Positive, Feel the PowerBeat a Share Street HR 

Be Multi, Stay Positive, Feel the Power

(beatabit.com/Be Multi, Stay Positive, Feel the Power) Semenjak saya menapaki bangku perkuliahan, saya menjalani kehidupan dua sisi, satu sisi sebagai mahasiswa, sisi lain sebagai seorang karyawan, meskipun hanya seorang penjaga warnet, tapi hal tersebut adalah kebanggaan buat saya saat itu. Bangga bisa mempunyai penghasilan sendiri. Kehidupan dua sisi itu ternyata saya jalani sampai sekarang. Baik di kehidupan pribadi maupun di lingkungan pekerjaan. Menjadi seorang ibu rumah tangga dan seorang pekerja.

Di perusahaan manapun saya bekerja, saya menempatkan dan menjalani pekerjaan lebih dari satu tugas, tidak ada hal lain yang saya harapkan, entah itu penghargaan dari atasan atau perhatian publik, semua itu saya jalankan hanya untuk mencapai satu tujuan, yaitu keseimbangan. Karena mempertahankan keseimbangan lebih sulit daripada membangun dari titik nol.

Arti kata multitasking itu sendiri bukanlah mengerjakan dua tugas atau lebih secara bersamaan, tetapi melakukan pengalihan secara cepat antara satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Ada teori mengatakan bahwa multitasking itu negative, karena menghilangkan daya focus. Tapi pada kenyataanya saya merasakan berbeda dengan teori itu, justru saya merasakan peningkatan produktivitas kerja, suasana menjadi menarik dan motivasi kerja terjaga.

How?

Fokus memang keharusan dalam bekerja, tetapi ketika otak kita dituntut untuk terus focus, maka dia akan lelah, timbullah suatu keadaan membosankan dan stress, jika multitasking dijalankan akan memudahkan pengintegrasian panca indera yang beragam, hasil dari integrasi yang beragam tersebut membuat hasil kerja lebih kaya.

Jabatan saya di pekerjaan sekarang menuntut keseimbangan organisasi terjaga, ketika satu sayap ada yang patah maka saya harus melakukan pertolongan pertama pada sayap tersebut, sebelum sayapnya diganti dengan yang baru. Dalam hal inilah multitasking diperlukan, sebisa mungkin jangan pekerjaan terbengkalai sia-sia. Benjamin Franklin say : Well done it’s better than well said.

Sebenarnya multitasking alami ada pada diri seorang wanita, khususnya seorang ibu. Ibu manapun pasti menjalankan multitasking ini dalam kehidupannya, tiada lain adalah untuk mencapai keseimbangan. Kebutuhan suami terpenuhi, kewajiban menjadi sosok ibu terselesaikan dan tentunya pekerjaan rumah tangga selesai tepat pada waktunya.

Lelahkah menjadi multitasking? Apa yang harus dilakukan ketika mencapai titik puncak kelelahan? Just be positive. Energi positif akan membangun sisi optimis seseorang, mengembangkan potensi kekuatan yang membuahkan kebahagiaan yang berkelanjutan. Kesulitan apapun akan dijadikan kesempatan oleh seorang yang optimis, dalam kehidupan ataupun pekerjaan. Berpikir positif membuat kita mampu membangun motivasi dan harapan. Berpikir positif juga membuat kita mampu mengatasi keputusasaan. Dengan membiasakan diri berpikir positif, kita akan mampu menghargai diri sendiri dan merasa diri berharga, rasa takut hilang dengan sendirinya. Keberanian berasal dari kenyataan bahwa jika kita tetap positif, apapun yang terjadi dalam hidup, kita dapat menghadapinya. Karena motivasi terjitu sekaligus musuh terbesar adalah kekuatan diri sendiri.

Penulis: Risni
HR Manager PT KMP Tasikmalaya

Baca juga…

(beatabit/street HR/Be Multi, Stay Positive, Feel the Power)

Share This:

Related posts

Tinggalkan Balasan