komunitas aleut orang kreatifBeat a Community Beat a Profile 

Komunitas Unik Ini Hanya Ada di Bandung

Bandung adalah gudangnya orang-orang kreatif sampai kota ini pun dijuluki Kota Kreatif.

Kini, bukan bicara tentang kuliner, wisata alam yang hits atau lembaga-lembaga yang bagus dan unik, tapi orang -0rang kreatif. Kota kreatif ini memang tidak diragukan julukannya. Kita buktikan dengan adanya komunitas deh! Bandung merupakan rumah bagi para komunitas yang mewakili ragam ketertarikan. Mulai dari lingkungan, membaca buku, flora dan fauna, fotografi, motor atau mobil, hiking sampai kuliner. Umumnya masuk komunitas di Bandung pun sangat mudah dan orangnya ramah sehingga tak perlu segan untuk mengikuti komunitas sesuai minat bahkan bakatmu.

Warga Bandung patut berbangga hati dengan kotanya yang sangat mendukung para individu yang aspiratif, penuh orang-orang kreatif dan ekspresif ini. Banyaknya komunitas yang ada Bandung disebut-sebut sebagai salah satu kota yang memiliki banyak komunitas di Asia Tenggara! So, apa saja sih komunitas-komunitas yanga da di Bandung? Tentunya ada banyak sampai ratusan bahkan mungkin ribuan. Tapi, dari sekian banyak komunitas yang ada, terdapat tiga komunitas unik yang hanya bisa ditemui di Bandung. Yuk, simak!

  1. Aksakun

Di Indonesia, nggak banyak anak muda yang punya minat dan perhatian terhadap peninggalan sejarah negerinya sendiri. Sekelompok anak muda di Bandung menyadari hal ini, maka mereka mendirikan Aksakun, alias Aksara Kuna Nusantara. Awalnya, Aksakun adalah komunitas ajar-mengajar yang bertujuan untuk mengedukasi anggotanya tentang aksara yang sempat populer atau digunakan di Nusantara. Namun dengan seiringnya waktu, mereka menjadi sebuah komunitas untuk berbagi informasi mengenai peninggalan sejarah serta aksara-aksara kuno dari Indonesia. Selain membuka kelas belajar aksara, Aksakun mendokumentasikan aksara kuno dari berbagai naskah dan prasasti tua di berbagai museum di Indonesia serta membuat peta interaktif berisi data-data aksara dalam bentuk website dan game seru Tujuannya untuk menjaring anak muda mempelajari aksara kuno tentunya. Tapi untuk mempelajari aksaranya sendiri, kamu harus datang ke padepokan Aksakun di daerah Sumur Bandung. Tingkat kehipsteran kamu pasti bakal meningkat, berhubung kamu bakal jadi doyan baca prasasti. Vintage abis!

komunitas aksakun orang kreatif

  1. Aleut

Khusus kamu yang cinta mati sama Bandung, ini dia, komunitas yang wajib kamu pantengin! Nama komunitas ini disadur dari kata “aleut” yang dalam bahasa Sunda berarti “sekelompok orang yang berjalan berbanjar dan beriringan sebagaimana para petani beramai-ramai melintasi jalan setapak”. Serupa dengan namanya, kegiatan utama komunitas ini, mengajak anggotanya keliling Bandung sembari belajar mengenai keindahan yang tersembunyi di dalam kota ini. Seru banget! Nggak hanya itu, Aleut juga berusaha mengapresiasikan sejarah di kehidupan sehari-hari dengan salah satu caranya adalah mengunjungi objek-objek menarik yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Pastinya keseharian kamu bakal penuh warna kalau gabung dengan komunitas Aleut deh! Tinggal jalan-jalan, belajar dan mengapresiasi bahkan cari jodoh, lho!

  1. Urban Jedi

Bagi kamu penggemar fil Star Wars, pastinya sudah bisa menebak komunitas ini terinsipirasi darimana. Yup! Franchise. Berbeda dengan komunitas Star Wars lainnya, Urban Jedi ini sebenarnya adalah komunitas penggemar light saber. Spesifik banget kegiatan ini memfokuskan kita untuk memainkan lightsaber alias pedang bercahayanya Star Wars yang iconic itu. Asyiknya, kamu nggak harus suka sama Star Wars, apalagi berstatus sebagai ksatria Jedi untuk gabung dengan Urban Jedi. Yang penting, bisa enjoy main lightsaber bareng anggota yang lain. Tak hanya memainkan pedang, Urban Jedi biasa diundang ke berbagai acara untuk mempertunjukkan kebolehannya dalam memainkan lightsaber dengan teknik-teknik canggih. Performa Urban Jedi ini pastinya nggak kalah jago dengan ksatria Jedi, lho!

komnitas urban jedi orang kreatif

Gimana barudak Bandung, para orang orang-orang kreatif? Jadi terinspirasi untuk gabung ke komunitas-komunitas di atas kan? Kalau gitu, langsung salurkan minat dan hobi kamu disana. Kalau gak ada yang sesuai passion kamu, tenang aja! Bandung masih punya banyak komunitas keren lain lho. Atau mungkin kamu terinspirasi untuk bikin komunitas sendiri? Boleh banget! Nggak ada yang bisa menghentikan kreativitas kamu di kota satu ini, because don’t forget, the city is your playground. Have fun! (http://www.youthmanual.com/post/review/3-komunitas-keren-yang-cuma-ada-di-kota-bandung).

(beat a community/orang kreatif/prita)

Share This:

Related posts

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: