HOME RECORDINGBeat a Music Beat a Share Industri Kreatif 

HOME RECORDING STUDIO, TIPS AND TRICKS

HOME RECORDING STUDIO, TIPS AND TRICKS
Hobby yang bisa menghasilkan

Sering kali kita mendengar kata “Home Recording” dan pemikiran paling sederhana yang terlintas adalah Merekam music dengan fasilitas yang ada di rumah. Tidak sepenuhnya salah pemikiran tersebut, karena penulis sendiri dengan pemahaman seperti itu telah berhasil membangun Home Recording Studio sendiri dan selain dipergunakan sendiri juga dapat membantu merekam hasil karya band pemula yang mungkin sangat terbatas dalam hal biaya dan kemampuan. Home Recording Studio yang penulis buat mungkin bisa menjadi solusi

Diperlukan beberapa peralatan yang “it’s a must” harus ada untuk pembuatan Home Recording Studio. Alat yang menurut penulis paling membantu yang digunakan pada home recording adalah sebagai berikut :
1. Personal Computer dengan Spec yang lumayan kuat (rakitan juga tidak masalah)
2. Soundcard yang cukup mumpuni
3. Speaker Monitor
4. Mic Condenser
5. Midi controller
6. Mixer
7. Pop filter

HOME RECORDING

Peralatan di atas dapat dibeli dengan mudah dengan cara Online atau datang ke toko alat music atau peralatan Recording di sekitar anda
Keuntungan home recording menurut penulis yaitu lebih praktis karena tidak membutuhkan ruangan yang terlalu besar juga tidak terlalu membutuhkan banyak peredam suara, sekalipun memakai peredam suara itu tidak perlu full tapi hanya beberapa spot atau lokasi yang menurut anda bisa menutup gema suara atau gaungan suara saat merekam vocal.

tips dari penulis bagi yang ingin membuat home recording :

  1. Mendalami program yang akan digunakan saat recording
    Dari mulai program tracking sampai mastering. Dapat dilihat di Google
  2. Pilih lagu referensi saat akan me mixing lagu agar ada patokan atau menghindari ketidak seimbangan antara komponen musik yang di mix.
  3. Apabila biaya sangat minim utamakan atau dahulukan alat yang penting yang menunjang home recording bisa berjalan walaupun dengan biaya minim, seperti :
    – pc (atau laptop)
    – (soundcard)
    – mic

Menurut pengalaman penulis, 3 peralatan diatas sudah bisa merekam atau membuat lagu walaupun hasilnya tidak akan semaksimal apabila ditambah speaker monitoring dll
Penulis selalu menyarankan kepada teman teman yang ingin mendalami home recording agar menggunakan PC saja karena walaupun spesifikasi laptop lebih bagus misalnya tapi kinerja PC bisa tahan lama walapun digunakan 6 sampai 12 jam nonstop.

Karena membuat musik dari konsep hingga finishing itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dan juga apabila dibandingkan harga dan perawatan jauh lebih efektif PC dari pada laptop.
Misal dengan harga Rp. 5 juta mungkin kalian mendapat laptop yang spec nya biasa saja, tapi dengan harga yang sama apabila merakit PC sudah sangat menunjang dengan spec yang lumayan tinggi.
Mungkin itu tips dari saya untuk teman teman yang ingin membuat home recording.

HOME RECORDING

Apabila ada pertanyaan atau ingin berdiskusi atau juga ingin dapat dibantu untuk membuat recording dari hasil karya teman teman dengan biaya relative murah dapat menghubungi :

Email : bambangnugraha6@gmail.com
Ig : nugraha6

WA : 087825353416

Penulis (Bambang Nugraha) atau kerap disapa Banu adalah praktisi Home Recording Studio yang sudah digeluti cukup lama. Banu juga adalah seorang Musisi serba bisa dan saat ini menekuni sebagai pencipta lagu dan Youtubers Artist dan tergabung dalam Idea and Creation Management : Beatabit Indonesia

HOME RECORDING

(beatabit/beat a share/home recording)

Share This:

Related posts

Tinggalkan Balasan