Djatie Gitar Handmade FormationBeat a Profile Industri Kreatif 

D’jatie Handmade Gitar made in Bandung – Profile

(beatabit – beataprofile) Industri kreatif di Indonesia kembali di ramaikan dengan hadirnya D’jatie, usaha anak muda dalam memproduksi gitar handmade. Mereka mempunyai Visi “Tekad untuk berbuat lebih berarti dalam hidup dengan melepas kreativitas dan penciptaan atas suatu karya menuju titik tanpa batas”. Misi “Memberikan nilai tambah dalam setiap penciptaan karya dengan selalu mengikutsertakan kreativitas, komitmen, kepuasan pelanggan, dan iklan menyeluruh yang berlangsung secara terus menerus”

Mereka yang tergabung di D’jatie para pembuat gitar handmade sudah menorehkan beberapa prestasi seperti:

  1. Tembus ke tingkat nasional dalam program PKM yang diadakan oleh DIKTI dan melakukan presentasi bisnis pada pekan ilmiah mahasiswa di IPB Bogor.
  2. Masuk 20 besar presentasi bisnis se-Indonesia di kompetisi #Ambisiku yang diadakan oleh 3 (three) Indonesia.

djatie gitar handmade personel

Kepada beatabit Djatie para pembuat gitar handmade menerangkan bagaimana cara mereka membuat gitar handmade.

Langkah-langkah awal pembuatan gitar yaitu pembuatan moulding dengan ukuran yang telah ditetapkan guna mencetak bodi (side). Proses kedua membuat Neck dengan menggabungkan dua potong kayu yang telah dipotong miring untuk mendapatkan head dan neck. Proses penggabungan head dengan neck dilakukan dengan tekhnik pengeleman. Neck sendiri terdiri dari; Freet, Nut, Finger Board, dan Head (kepala gitar).

Selanjutnya pembuatan body yang terdiri dari Side, Back, dan Top (rangka, sound hole). Setelah semuanya terbentuk proses selanjutnya adalah penggabungan antara neck dan body. Setelah tergabung mulai mengukur untuk menempatkan lubang dyer, sound hole, dan bridge, dan kawat fret. Sesudah proses pengukuran dilakukan pemasangan aksesoris gitar yang terdiri dari, kawat fret, pemasangan bridge, dan list bending.

Selanjutnya dilakukan pengecatan awal atau memberikan cat dasar pada gitar dan memberikan sending untuk melapisi cat dasar. Setelah sending selesai dilakukan penghalusan apabila ada bagian dari gitar yang belum rata, pemberian sending dilakukan kurang lebih 3 kali sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah gitar halus maka mulai memasang bahan pendukung seperti; tulang nut, tulang sadle, pemberian dot pin, pemasangan stiker, pemasangan pick guard, dan pemasangan dryer.

Setelah terpasang semuanya dilakukan pengecetan akhir atau clearing untuk melindungi cat dasar yang telah diberikan. Setelah semuanya selesai maka langkah selanjutnya adalah pemasangan senar dan testing tehadap gitar yang telah diproduksi.

djatie handmade gitar logo

(Anomali/red/Beatabitprofile)

Share This:

Related posts

Tinggalkan Balasan