elmasBeat a Share Street HR 

FALSAFAH HIDUP  “ELMAS” : Short Memoir

(ELMAS) Kisah berawal dari sebuah perjalanan pencarian jati diri dan hakikat dari perjalan hidup, sebut saja saya dengan nama panggilan sehari hari “Awil”. Saya dilahirkan dari keluarga kecil yang harmonis dari kedua orang tua yang sekarang telah singgah di Surga.  Saya adalah anak ke tiga dari tiga bersaudara. Kami sekeluarga hidup rukun dan saling melengkapi. Ketika beranjak dewasa dan berkeluarga, saya adalah suami dari Noer Syahidah, dan ayah dari Amira Elfa Zahra dan Regina Asiyah Ferhana.

Saya hidup secara mandiri selepas keluar dari bangku SMA Swasta. Sebelum menempuh dunia kampus, saya mulai merasakan pahit getirnya sebuah perjalanan hidup. Saya mengalami siklus hidup dimana Istilah pada saat itu adalah Gembling (Gembel keliling). Saya berjualan kaset pita bekas dengan cara menggelar jualan di trotoar jalan. Seiring berjalannya waktu, dengan melalui perjuangan yang sangat keras, saya akhirnya diterima di dua kampus (ARO RS.Dr Kariadi Semarang Jawa Tengah dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Dengan berbagai pertimbangan dan pemikiran, saya memutuskan untuk  menjalani kuliah di kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan mengambil jurusan Komunikasi Penyiaran. Dalam kehidupan berorganisasi di kampus saya pernah menjabat sebagai presiden mahasiswa jurusan komunikasi.

Singkat cerita akhirnya saya sampai di semester akhir dan focus ke pembuatan skripsi, dan saya mengambil tema skripsi pesan moral lagu religi terhadap psikologi remaja. Hanya sayang,  cita-cita untuk menuntaskan skripsi berakhir di bab dua saja. Karena pada saat itu ayahanda mengalami sakit stroke, sehingga biaya kuliah lebih difocuskan ke perawatan dan penyembuhan ayahanda tercinta. Allah berkendak lain,  setelah 4 tahun ayahanda akhirnya berpulang. Saya tidak merasa menyesali diri karena tidak menuntaskan gelas sarjana satu (S1) karena dalam benak saya berbakti kepada orang tua lebih berharga dibandingkan gelar yang saya ambil.

Dengan bermodalkan ilmu di bangku kuliah tanpa gelar sarjana, saya melatih skill dengan bergabung di dua radio senior swasta (96’6 Actari FM Ciamis dan 94’1 Buanajaya FM Tasikmalaya), sebagai announcer dan programmer dan pernah mendapatkan best viewers radio Live streaming 2.O (Two point O) Jamrud Technology Bandung. Dengan segala keyakinan diri saya mulai mencoba mengenali dunia operator sellular. Diawali dari sebagai PIC Komunitas-komunitas (Indosat), kemudian melamar ke operator XL (Sebagai PIC Mobile Data Service Tasikmalaya-Pangandaran), dan di tahun 2011 saya mulai masuk di sebuah dealer GSM Tri (3) di Tasikmalaya sebagai Sales Area Jamanis-Ciawi.

Elmas

Pada tahun 2012 Tri mulai mengeluarkan pembaharuan baik secara system maupun secara kelembagaan. Saya pun merasakan perubahan yang positif tersebut, dari Sales Executive, lalu Costumer Marketing Office, dan Sales Marketing Manager saat ini .

Puji syukur selalu saya panjatkan kehadirat Alloh SWT. Hingga saat ini saya merasakan nikmat hidup dan berjuta pengalaman pahit dan manisnya hidup. Semua adalah berkat bimbingan dan do’a dari kedua alm.orang tua serta motivasi dari kakak-kakak saya.

Hikmah  yang bisa saya Sharing dari perjalanan hidup yang telah saya alami, adalah selalu berperilaku menjadi diri kita sendiri tanpa harus menipu diri atau terbuai dengan pangkat maupun gelar duniawi. Jangan pernah takut untuk berubah dan mencoba.  Selalu berdo’a pada Sang Penguasa Alam sebagai esensi dari sebuah hakikat penciptaan seorang hamba yang beriman, dan berpegang pada motto hidup “YAKUSA” Yakin Usaha Sampai.

Hidup dan kematian adalah batas awal dan batas akhir dari kehidupan. Hidup ibarat sebuah pertandingan, yang menurut orang sunda bilang adalah  “ELMAS” Eleh Meunang Asal Salamet.

Penulis bernama lengkap : Dadan Wildan R, berprofesi sebagai Sales Marketing Manager di Perusahaan Partner GSM 3 di Tasikmalaya

(beatabit/Street HR/Eleh Meunang Asal Salamet)

Share This:

Related posts

Tinggalkan Balasan