bisnis tuyulBeat a Share Industri Kreatif 

Kini, Bisnis Tuyul Merambah Menjadi Bisnis Online

Industri kreatif masa kini memang semakin unik, sekaligus persaingan tersebut semakin ketat. Industri kreatif semisal menciptakan ide dalam pembangunan seperti skywalk yang dicanangkan oleh Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung yang beberapa hari lalu baru saja dibuka. Selain itu, sederetan bisnis mulai dari kuliner, jasa, fashion, transportasi dan sebagainya. Bahkan sekadar komunitas atau perkumpulan yang tujuannya positif. Namun, ada satu hal yang out of the box sampai-sampai bingung untuk menilai apakah hal ini dapat diterima sebagai industri kreatif atau bukan. Sebut saja itu adalah bisnis tuyul.

Yup! Siapa yang tidak kaget mendengar bisnis gaib tersebut bisnis tuyul? Terdengar sangat aneh ya. Tetapi jangan salah, bisnis tersebut kali ini sudah merambah pada bisnis online, lho!

Bahkan jika ditelusuri melalui aplikasi pencarian browser dengan kata kunci “bisnis tuyul” banyak yang menjajakan tentang jual beli online tuyul. Ada juga beberapa artikel tentang cara mendapatkan tuyul serta bagaimana cara kita untuk merawatnya.

Lebih anehnya lagi, salah satu artikel menganggap bahwa cara menggunakan tuyul ini halal dan berkah! Wah, mungkin tak habis pikir ya dengan kalimat tersebut. Bagaimana hal gaib apalagi dibantu tuyul untuk mendapat uang secara mudah. Karena hal tersebut sudah dikenal sebagai hal yang tak pantas apalagi jika dikaitkan dengan agama.

Di Indonesia, memang masih kental dengan hal ritual pesugihan untuk sebagian orang sehingga tak heran jika hal-hal yang berbau supranatural masih terdengar. Terlebih jika dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan cara yang cepat.

Walaupun bisnis ini sudah merambah pada bisnis online, hal tersebut masih belum dapat diketahui kebenarannya oleh berbagai pihak, lho! Karena sifatnya yang gaib sehingga tak bisa dilihat oleh banyak orang.

Bisnis supranatural ini booming semenjak seorang mahasiswa dari Surabaya yang memberikan judul pada skripsinya tentang hal bisnis tersebut.

Skripsi itu berjudul “Akuntansi untuk Tuyul: Fenomena Penentuan Harga dalam Bisnis Tuyul di Jawa”. Yup! Betul sekali. Seseorang yang tak diketahui namanya itu merupakan mahasiswa tingkat akhir dari program studi akuntansi di salah satu universitas Surabaya. Sementara itu Akuntansi sendiri juga harus bisnis tuyulberhubungan dengan hitung-hitungan terutama bisnis. Tak terkecuali untuk tema bisnis tuyul yang telah digunakan juga harus diteliti lebih lanjut bagaimana kebenaran perhitungannya.

Demi memperoleh gelar sarjana akuntansi, kini ia sudah menyebabkan pemikiran kreatifnya tersebut menjadi sesuatu yang terkenal di berbagai media sosial. Hal tersebut juga menghadirkan ragam komentar yang pro dan kontra dari para netter.

Bagiamana nih pendapat kalian? Bisnis tuyul ini kreatif atau tidak? Terlebih cara ini halal atau haram? Silakan berpendapat, guys! Yang pasti, uang tak semerta-merta dapat dihasilkan dengan cara yang mudah, lho! Melainkan kita hrus berusaha dan bekerja.

Share This:

Related posts

Tinggalkan Balasan